Link Banner
Link Banner

Friday, March 9, 2018

Mengenal Fungsi Dan Manfaat Jaket

Jaket, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis pakaian yang satu ini. Kita sering kali memakainya setiap hari entah itu untuk gaya-gayan atau melindungi tubuh dari dingin. Jaket sudah melekat dalam kehidupan manusia. Model dan jenis bahan yang digunakan juga mengalami perkembangan. Dalam kesempatan kali ini Admin akan membahas tentang fungsi dan manfaat jaket.


Jaket merupakan pakaian luar yang panjangnya hingga pinggang, jaket juga dilengkapi dengan resleting atau kancing untuk membuka dan menutup bagian-bagian jaket. Jaket juga memiliki kantong dibagian bawah kiri dan kanan (ada juga yang tidak memakai kantong jaket). Terkadang juga jaket memiliki hoodie atau penutup kepala.

Dalam bahasa Inggris, istilah jacket juga berarti jas. Di Indonesia sendiri tidak jarang juga menyebut jas dengan sebutan jaket jas ataupun hanya jas saja. Fungsi utama dari jaket sendiri adalah untuk melindungi tubuh dari angin dan cuaca dingin, selain itu juga jaket bisa digunakan untuk keperluan fashion.

Fungsi dan Manfaat Jaket

Fungsi dan Manfaat jaket berbeda-beda, tergantung dari bahan dan material yang digunakan. Dan juga tergantung dari fungsi jaket itu sendiri. Seperti saat Kita berkendara motor atau mendaki gunung, tentu Kita harus memiliki jaket yang khusus untuk kegiatan tersebut, jika tidak tubuh Kita akan kedingin, masuk angin dan sakit.

Meskipun begitu hampir semua jenis jaket dapat dipakai untuk melindungi tubuh dari angin dan cuaca dingin, hanya saja ada beberapa kegiatan yang memerlukan jaket khusus. Selain melindungi tubuh, jaket juga dapat digunakan untuk berpenampilan keren, modis, dan menarik. Tak heran banyak sekali model jaket yang cukup menarik dan unik jika digunakan.

Material atau Bahan Jaket

Bahan untuk membuat jaket sangatlah beragam dan banyak. Beberapa jenis bahan yang sering dipakai dan populer diantaranya Diadora, Lotto, Adidas, Terry (Babyterry), Fleece, Kanvas, Taslan, Mikro, Parasut, Cordura, Drill, Tessa Teteron, dan Denim.Setiap bahan dan teknik pembuatan jaket yang digunakan tentu memiliki kelebihan masing-masing seperti bahan diadora, lotto dan adidas, ketiga bahan itu biasa digunakan untuk jaket olahraga, bahan tersebut memiliki sifat yang menyerap keringat dan hangat saat dipakai.

Ada juga bahan denim yang sering digunakan untuk membuat jaket jeans, karakteristik jaket yang terbuat dari bahan denim memiliki kelebihan bahan yang tebal dan kuat, tidak seperti bahan lain. Tak heran banyak yang menyukai jenis jaket jeans ini.

Jenis dan Model Jaket

Jaket juga memiliki beragam jenis dan motif, dari yang biasa sampai yang tidak biasa, seperti jaket jeans, bomber, parka, motor, gunung, hoodie, alan walker dan lain lain. Ada juga jaket dengan motif yang unik seperti jaket anti social social club, dan model Tim olahraga, seperti club sepak bola, club futsal, club basket dan club olaharaga lainnya.

Adapun jaket khusus seperti jaket motor, jaket gunung, jaket outdoor dan jaket lainnya.Maksud dari jaket khusus ini tak lain dan tak bukan untuk melindungi tubuh dari cuaca dan kondisi alam yang tidak biasa seperti salju, cuaca sangat dingin dan angin kencang.

Show comments
Hide comments

2 comments: